Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM)

Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM)
Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM) | Gho Blog's - Pada posting kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat hitung total harga secara otomatis ketika record bertambah di tabel.

Disini saya menggunakan Datagrid sebagai komponen untuk menampilkan list dari tabel. Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara memunculkan data di Datagrid, silakan sobat lihat kembali posting sebelumnya yang berjudul Cara Menampilkan Isi Data Tabel Di Datagrid Dengan Visual Basic 6.0. Karena pada psoting ini kita hanya fokus pada koding penghitungan nya saja.

Sebagai bahan latihan, buat dulu sebuah database dengan MS Access 2003 dan beri nama latihan.mdb. Sobat juga bisa menggunakan DBMS lainnya seperti MS Access 2007, tinggal disesuaikan saja nanti koding dari saya dengan database yang sobat gunakan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa pelajari lagi melalui posting saya berikut ini :
Selanjutnya buat sebuah tabel dengan nama barang, berikut ini field-field nya :

Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM)

Jika sudah, coba sobat masukkan beberapa buah record ke dalam tabel tersebut, atau sobat bisa menambahkan proses Simpan/Save pada form di VB. Berikut ini contoh record yg di entrikan :

Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM)

Buka sebuah project kemudian tambahkan satu buah Datagrid, satu buah TextBox ke form dan satu buah ADODC.

Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM)

 Kemudian tambahkan sebuah Module untuk koneksi database dan masukkan script berikut ini :


Setelah itu kita buat coding penghitungan total dari field harga yang muncul di Datagrid. Untuk itu silakan sobat lihat lagi posting sebelumnya yang berjudul Cara Menampilkan Isi Data Tabel Di Datagrid Dengan Visual Basic 6.0. Berikut ini coding penjumlahan total harga tersebut, letakan script berikut di bagian general coding form sobat :


Terakhir, sobat tambahkan dulu pemanggilan koneksi dan sub totalnya di bagian Form_Load :


Catatan :
Jika sobat menambahkan fungsi Simpan/Save pada Form, pastikan menyisipkan kode Call total pada koding Simpan yang ditempatkan setelah rs.Update seperti contoh berikut ini :


Silakan download contoh programnya pada link berikut ini :







Contoh program ini bisa sobat terapkan pada project penjualan. Sekian dulu pembahasan dari saya yang berjudul Menghitung Total Dengan Visual Basic 6.0 Tanpa Menggunakan Query(SUM). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Inilah Pernyataan Lengkap MUI Menolak Ajang Pamer Aurat Miss World

Inilah Pernyataan Lengkap MUI  Menolak Ajang Pamer Aurat Miss World
Inilah Pernyataan Lengkap MUI Menolak Ajang Pamer Aurat Miss World | Gho Blog's - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat secara resmi akhirnya menegaskan penolakannya atas penyelenggaraan kontes kecantikan Miss World yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Pernyataan sikap MUI tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang digelar Gedung MUI Pusat, Jl. Proklamasi No. 51 Menteng Jakarta Pusat, pada Jum’at (23/8/2013). Berikut ini pernyataan lengkap MUI yang dibacakan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. Amirsyah Tambunan, MA.

---------------------------oo00oo---------------------------

PERNYATAAN SIKAP MAJELIS ULAMA INDONESIA
TENTANG
PENYELENGGARAAN PEMILIHAN MISS WORLD 2013 DI INDONESIA

BISMILLAHIRROHMANIRROHIEM

Setelah mencermati dan melakukan kajian secara seksama mengenai adanya pro-kontra tentang penyelenggaraan Pemilihan Miss World 2013 di Indonesia, maka dengan ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan bahwa pemilihan Miss Wirld 2013 merupakan ajang kecantikan dunia yang melibatkan 140 negara dalam bentuk liberalisasi dan kapitalisasi ekonomi dunia terhadap Negara Kesatuan RI. Acara tersebut menghabiskan dana sangat besar dan karenanya merupakan perbuatan sia-sia (Mubazir).

Pertimbangan utamanya penolakan adalah sebagai berikut:
  1. Bahwa Al-Qur’an Surah Al-Ahzab 59: Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnyake seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
  2. Berbagai hadits menyebutkan, aurat harus ditutup rapat, kecuali telapak tangan dan muka/wajah
  3. Pemilihan Miss World 2013 bertentangan dengan semangat konstitusi UUD 1945, terutama Pasal 32 (1) berbunyi: Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.
  4. Pemilihan Miss World merupakan bentuk kontes kecantikan tidak sesuai dengan budaya Indonesia, karena lebih menampilkan budaya negara lain, sehingga di mata masyarakat Indonesia pemilihan Miss World terkesan merendahkan, melecehkan budaya bangsa seperti mempertontonkan aurat adalah merendahkan martabat perempuan.
  5. Dalam ajaran Islam ditegaskan bahwa memamerkan aurat wanita dan mempertontonkan kegenitan berjalan (tabarruj) di depan publik adalah perbuatan dosa yang bertentangan dengan ajaran agama.
  6. Pemilihan Miss World cenderung menampilkan dan mempertontonkan perilaku kemewahan dan glamour yang kontraproduktif di tengah masyarakat Indonesia dan dunia ketiga masih mengalami kesulitan ekonomi.

Untuk itu, MUI dengan tegas menolak pelaksanaan pemilihan Miss World 2013 di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MUI memberikan solusi dan dukungan sepenuhnya kepada semua pihak agar memajukan budaya bangsanya dengan berbagai upaya antara lain yakni:
  1. Mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengedepankan upaya memajukan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia, dengan memfasilitasi masyarakat untuk melahirkan kreativitas, inovasi dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang beretika, berakhlak mulia seperti pameran berbusana, tarian yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan agama yang dianut sebagia besar masyarakat Indonesia.
  2. Menjadikan budaya bangsa sebagai sarana dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat Indonesia di tengah percaturan global dalam rangka mengantisipasi liberalisasi dan kapitalisasi ekonomi dunia terhadap Negara Kesatuan RI.
Demikianlah pernyataan sikap ini kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kepentingan dan kemashlahatan umat dan bangsa Indonesia.

Jakarta, 23 Agustus 2013

Dewan pimpinan
Majelis ulama Indonesia

Ketua Wakil Sekjen

KH. MUYIDDIN JUNAIDI, MA DR. AMIRSYAH TAMBUNAN


Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0

Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0
Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Mungkin sobat pernah mengalami kendala saat menambahkan background image di form Visual Basic 6.0, dimana image tersebut berukuran kecil dan saat program di running image tersebut tidak menutupi seluruh form apalagi form tersebut dalam keadaan maximized.

Pada posting kali ini saya akan membagikan sedikit trik dalam bentuk coding untuk menanggulangi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, sebagai contoh kasus bisa sobat lihat pada gambar berikut ini :

Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0

Masalah tersebut akan semakin terlihat bila form dalam keadaan maximized. Untuk mengakali maslah tersebut, silakan sobat mengikuti langkah berikut ini :
  • Pertama, image tersebut ditambahkan langsung ke form melalui browse Picture di properties tanpa menggunakan component Image atau PictureBox.
Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0
  • Jika sudah Image terpasang sebagai background di form, masukkan script berikut pada bagian general di coding form tersebut 
  • Kemudian double klik pada form dan letakkan script berikut pada bagian Form_Load() :
  • Setelah itu tempatkan script berikut pada event Form_Resize(), atau copy paste langsung script berikut tepat dibawah script Form_Load() sebelumnya :

Sekarang coba running, kemudian maximized kan form tersebut dan lihat perbedaannya.

Sekian dulu posting dari saya yang berjudul Auto Resize Image Background Form Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Erdogan: Akan Datang “Musa” Mengakhiri Tirani “Fir’aun Baru” Di Mesir

Erdogan: Akan Datang “Musa” Mengakhiri Tirani “Fir’aun Baru” Di Mesir
Erdogan: Akan Datang “Musa” Mengakhiri Tirani “Fir’aun Baru” Di Mesir | Gho Blog's - Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan kembali melontarkan pernyataan pedas terhadap pemerintahan Mesir yang baru, kali ini Erdogan menyatakan bahwa Mesir sedang menunggu “Musa” untuk melawan tirani “Fir’aun baru”, Katanya.

Erdogan juga menyerang negara-negara Barat dalam pernyataannya pada konferens Pers di bandara Ankara seelum ia melakukan perjalan ke Turkmenistan, ia mengatakan,”Demokrasi di dunia akan menjadi meragukan jika Barat tidak mengambil langkah serius, dan mereka yang diam tidak peduli terhadap tragedi di Mesir akan dianggap sebagai bagian dari para pembunuh.”

Erdogan menambahkan, “para pemberontak telah membantai mereka yang ingin mengambil suara mereka dalam sistem Demokrasi, tetapi Barat tidak menganggap apa yang terjadi sebagai Kudeta,meskpun ia mengakui dalam dialog bilateral.”

Kemudian Erdogan menambahkan,”rakyat Mesir akan menerima hak-hak mereka cepat atau lambat, dan suatau hari nanti akan datang “Musa” yang akan mengakhiri tirani “Fir’aun” yang baru.”

Kantor berita Turki “Jihan” mengatakan bahwa Erdogan juga telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan sidang darurat membahas peristiwa terkini dan perkembangan di Mesir.(eramuslim)




Orang-Orang Yang Disukai Dajjal

Orang-Orang Yang Disukai Dajjal
Orang-Orang Yang Disukai Dajjal | Gho Blog's - Diriwayatkan oleh An-Nawwas ibn Sam’an : “Dia, yang hidup dan melihatnya (Dajjal) harus membacakan di depannya ayat-ayat pembukaan Surat Al Kahfi,” (HR Muslim).

Diriwayatkan oleh Abu Umamah al-Bahili : “Barangsiapa memasuki nerakanya (Dajjal), mintalah pertolongan Allah dan bacakan ayat pembukaan Surat Al Kahfi, dan hal ini akan mendinginkan dan mendamaikannya, seperti api menjadi dingin terhadap Ibrahim,” (HR Ibnu Katsir).

Tanda-tanda dan rahasia Hari Akhir 
Satu alasan mengapa Rasulullah SAW menganjurkan orang-orang beriman membaca Surat Al Kahfi saat Dajjal Mencoba Membujuk Rayu adalah karena surat ini berisi isyarat penting mengenai Hari Akhir, seperti berbagai hal yang dibutuhkan untuk bertahan dan memerangi Dajjal, dan gerakan-gerakan anti-agama yang menimbulkan berbagai kejahatan atas kemanusiaan, yang ingin disebarkan oleh Dajjal ke seluruh dunia.

Surat Al Kahfi ini juga berisi berbagai pelajaran bagi kaum Muslimin. Anjuran Rasulullah SAW untuk menghapalkan dan membaca surat ini dengan penuh perhatian adalah suatu isyarat kuat tentang hal ini. Seperti kita akan lihat di seluruh bab ini, pengalaman Ashabul Kahfi yang tinggal di sebuah masyarakat yang kafir, pelajaran bahwa Musa AS belajar dari Khidr, dan pemerintahan di atas dunia yang didirikan oleh Dzulkarnain AS agar dapat menyebarkan nilai-nilai Islam, adalah perkara-perkara yang perlu direnungkan oleh orang-orang beriman.

Lalu orang seperti apa yang sangat disukai oleh Dajjal? Dan tanpa disadari ia sudah ditandai oleh Dajjal di hati-nya?
  1. Orang yang apabila kumandang adzan terdengar, ia mengacuhkannya. 
  2. Orang yang apabila dinasihati atau diberitahukan mengenai rencana-rencana Dajjal di dunia sebelum ia datang, dia tidak peduli. 
Dajjal tidak langsung tiba-tiba datang, Atas Izin Allah SWT ia mempersiapkan semuanya dengan bantuan para pengikutnya (Freemasonry – illuminati) agar semakin banyak manusia yang akan menjadi pengikutnya. Dan jika seseorang sudah tahu mengenai rencana Dajjal ini, Dajjal sudah melihat-nya dan menandai hatinya. Ini sesuai dengan doa Dajjal kepada allah swt yang kelak akan di kabulkan:

”Ya rabb berikanlah aku kemampuan untuk menurunkan hujan, menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan penyakit yang ada di dunia, menyuburkan tanaman dan memperlihatkan surga dan neraka kepada manusia kelak,,, yang sesungguhnya surga ku adalah neraka-mu dan nerakaku adalah surga-mu ya Rabb agar aku bisa menguji keimanan manusia kelak….”

Sekian posting kami yang berjudul Orang-Orang Yang Disukai Dajjal. Semoga kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah SWT dari segala macam bentuk fitnah Dajjal.


 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template