Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0

Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0
Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - setelah beberapa hari kemarin saya sibuk dengan urusan pekerjaan dan terpaksa menunda beberapa posting yang sudah saya siapkan materinya.

Kali ini saya akan menunjukkan bagaiman cara membuat event click pada datagrid.Maksudnya begini, saat sobat mengklik baris data yang dipilih, maka data/record yang dipilih tersebut akan otomatis muncul ke form. Sudah ngerti maksudnya...?, kalau belum, langsung di coba aja deh, nanti juga sobat akan paham penggunaannya jika program yang dimaksud sudah jadi.

Sebagai contoh, saya punya sebuah database (Access) dengan nama "latihan.mdb" dan satu buah file/tabel dengan nama "barang" dengan disain seperti berikut ini :

Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0

Kemudian saya punya disain form seperti berikut ini :

Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0

Selanjutnya, kita harus membuat coding koneksi nya, dan pastikan database tersimpan satu folder dengan project yang kita buat. Masukkan coding berikut ini di bagian General Declaration atau di bagian paling atas sekali dari jendela coding form :


Kemudian, kita buat funsi pemanggilan database di form load, caranya double klik di form dan masukkan coding berikut tepat diantara Private Sub Form_Load() dengan End Sub :


Sekarang kita buat pemanggilan tabel agar record yang ada muncul di datagrid, caranya masukkan coding berikut dimana saja pada jendela coding form :


Sekarang kita masukkan coding yang menjadi inti pembahasan kali ini, agar saat baris record yang kita click di datagrid, data/recordnya akan muncul di form. caranya double klik pada datagrid dan masukkan coding berikut ini tepat diantara Private Sub DataGrid1_Click() dengan End Sub :


Coding diatas hanyalah contoh sederhana, sobat bisa sesuaikan sendiri berdasarkan jumlah field dengan komponen yang sobat gunakan.

Agar saat form di running dan data ditabel mencul ke datagrid, sobat cukup menyisipkan coding Call tampildatagrid di bagian form load. Sehingga coding form load menjadi seperti berikut ini :


Terakhir, pada tombol Clear sobat cuku memasukkan code berikut ini yang fungsinya untuk mengosongkan form :


Sebelum menjalankan program ini, pastikan prgram dan database telah tersimpan dalam satu folder. Cara menggunakannya, sobat cukup mengklik baris record yang mana yang ingin sobat munculkan ke form. Klik pada bagian kotak kecil yg berada di sudut kiri baris yang dipilih seperti gambar berikut ini yang saya tandai berwarna merah.

Sebagai contoh, saya ingin memunculkan data pada record ke-3 :

Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0

Bagaimana, sudah cukup jelaskan pembahasannya...? Kalo masih bingung, sobat bisa download contoh programnya melalui link berikut ini :








Sekian dulu posting saya yang berjudul Membuat Event Click Pada Datagrid Dengan Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template