Tentang Perbedaan Penentuan ‘Ied Adha Dan Puasa ‘Arafah

Tentang Perbedaan Penentuan ‘Ied Adha Dan Puasa ‘Arafah
Tentang Perbedaan Penentuan ‘Ied Adha Dan Puasa ‘Arafah | Gho Blog's - Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan, bahwa hari ini Kamis 25 September 2014 sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah, artinya 10 Dzulhijjah 1435 H bertepatan dengan Hari Sabtu, 04 Oktober 2014. Artinya Ied ‘Adha 1435 (10 Dzulhijjah) bertepatan Hari Sabtu 04 Oktober 2014 dan hari wuquf di ‘Arafah atau hari ‘Arafah (9 Dzulhijjah) bertepatan dengan hari Jum’at 03 Oktober 2014

Mengenai penetapan Ied ‘Adha ini berbeda dengan Penentuan Awal Ramadhan yang memang penetapannya berbeda-beda tergantung madzhab yang digunakan. Dalil Penentuan Awal Dzulhijjah ini berbeda karena kewenangan menentukannya khusus diberikan pada penguasa Makkah yang mengurusi Haji.

Nabi bersabda, ”Haji itu ‘Arafah” (HR Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah)

Dan ‘Arafah itu berlokasi di Makkah, karenanya hari ‘Arafah adalah hari dimana kita melihat jamaah haji berwuquf, maka di hari itulah disunnahkan berpuasa ‘Arafah. Karena wuquf yang berhaji itu hanya di ‘Arafah, maka puasa ‘Arafah itu terkait tempat dan waktu, yaitu saat wuquf, bukan selainnya.
Adapun sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah ini (25/09/14 – 04/10/14), maka beramal baik di dalamnya sangat disunnahkan.

Nabi saw bersabda, ”Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini (yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah). Mereka bertanya, “Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?”. Beliau menjawab “Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR Bukhari)

Tentang puasa ‘Arafah, banyak pula dalil yang menyatakan keutamannya, yaitu berpuasa saat jama’ah haji wuquf di padang ‘Arafah.

Saat Rasulullah ditanya tentang puasa ‘Arafah, beliau menjawab, ”ia menghapus dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang” (HR Muslim)

Doa-doa juga sangat maqbul di hari ‘Arafah.
Nabi bersabda, ”sebaik-baik doa adalah doa hari ‘Arafah..” (HR Tirmidzi)

‘Arafah juga hari dimana Allah memberikan ampunan yang meluas bagi hamba-hamba-Nya
Nabi saw menyampaikan, “tiada hari yang Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari neraka melebihi hari ‘Arafah” (HR Muslim)

Bagaimana bila penetapan hari ‘Arafah dan hari ‘Ied berbeda antara ketetapan pemeintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi yang menyelenggarakan haji? Jawabannya sebagaimana yang sudah saya sampaikan diatas, karena haji itu di ‘Arafah, maka mestilah mengikuti ketetapan pemerintah Arab sebagai penyelenggara haji.

Mengapa?
  1. Bila rakyat Indonesia semuanya mesti mengikuti ketetapan pemerintah Indonesia, lalu bagaimana dengan jama’ah haji Indonesia di Arab Saudi? apakah mereka wuquf dan ‘Ied mereka mengikuti keputusan pemerintah RI lau berbeda dengan jama’ah haji di Makkah? tentu tidak sah.
  2. Berpuasa pada dua hari raya (‘Ied Fitri dan ‘Ied Adha) adalah haram, maka saat jamaah haji sudah shalat ‘Ied (sudah 10 Dzulhijjah), sementara kita di Indonesia masih berpuasa ‘Arafah (masih 9 Dzulhijjah), bukankah ini aneh? Padahal secara zona waktu, kita lebih dulu 4 jam daripada Arab Saudi. Lagipula, namanya juga puasa ‘Arafah, artinya puasa saat jama’ah haji berwuquf di ‘Arafah, bila jama’ah haji sudah shalat ‘Ied, lantas puasa kita bukan lagi puasa ‘Arafah, namun puasa ‘Ied
Jadi, penetapan awal Dzulhijjah yang mengikuti keputusan pemerintah Arab Saudi bukan perkara apapun, selain perkara dalil. Karena hak penentuan itu sudah terlisan oleh Rasulullah, “Haji itu ‘Arafah”
Namun, adapun bila ada perbedaan dalam menyikapi perihal ini, misal “Mestikah Puasa ‘Arafah Ikut Hari Wukuf di ‘Arafah? Bolehkah Berbeda Dengan Pemerintah Arab Saudi Selaku Penyelenggara Hajji Dalam Menetapkan Hari ‘Arafah”?

Tentu kita kembali dalam penyikapan terhadap hukum ikhtilaf (perbedaan pendapat). Bila ada dalilnya (hujjah/argumen), maka disilakan. Bila sudah berhujjah, tak lagi perlu berhujat.

Yang harus benar-benar disadari dan dipahami, bahwa perbedaan ini dimungkinkan terjadi justru karena tidak adanya halangan politis, tidak adanya persatuan dan kesatuan di negeri-negeri Muslim, bukan disebabkan oleh perkara-perkara yang bersifat teknis. Karena banyaknya negeri-negeri Muslim, maka semua berdalil mengikuti ulil amri (pemerintah) masing-masing.

Hal ini tidak akan terjadi bila kaum Muslim berada dalam kepemimpinan Islam yang satu, di bawah kepemimpinan Khilafah Islam. Bila hanya satu Khalifahnya, tentu tidak ada perbedaan lagi diantara kaum Muslim dalam menetapkan apapun, termasuk penetapan Awal Ramadhan dan Awal Dzulhijjah.

InsyaAllah, dalam waktu dekat Khilafah Islam yang berjalan diatas manhaj kenabian akan bangkit kembali, dan mengatur seluruh kaum Muslim berdasarkan Kitabullah dan Sunnah, menyatukan perbedaan dan merekatkan ukhuwah diantara kaum Muslim.

Selamat menambah ibadah di 10 hari Dzulhijjah ini, juga siapkan untuk berpuasa di hari ‘Arafah 9 Dzulhijjah, saat jama’ah haji wuquf. [Sumber : Akun Facebook Ustadz Felix Siauw]



Free Download 7 Skin Visual Basic 6.0 [Part V]

Free Download 7 Skin Visual Basic 6.0
Free Download 7 Skin Visual Basic 6.0 [Part V] | Gho Blog's - Berikut ini 7 koleksi terakhir skin visual basic 6.0 yang saya punya. jika nanti saya menemukan tampilan skin yang lainnya, InsyaAllah akan saya share kembali buat sobat semua.

Sebelumnya, pastikan sobat sudah punya file OCX untuk menjalankan skin ini. Sobat bisa menggunakan Active Skin 4.0 ataupun Active Skin 4.3.

Jika sobat belum punya file OCX nya, silakan sobat download melalui link berikut ini :

atau

Cara menggunakan Active Skin 4.0 :
  • Copy paste file OCX Active Skin 4.0 yang sobat download ke dalam folder : C:\WINDOWS\system32
  • Register OCX tersebut menggunakan Command Prompth (Lihat Cara Register OCX Disini)
  • Jika sudah diregister, letakkan file skin (*.skn) satu folder dengan project.
  • Letakkan komponent Active Skin 4.0 Ke form, Jika belum ada di tools box, tekan CTRL + T, kemudian pilih dan checklist Active Skin 4.0.
  • Masukkan coding berikit ini di event Form Load() :

Cara Menggunakan Active Skin 4.3 (Lihat Caranya Disni)

Berikut ini 7 Skin Visual Basic 6.0 bagian ke-5 dari saya yang bisa sobat download dan gunakan :

1. Triton (10 Kb)


2. VistaBlueNew (21 Kb)


3. Web-II (13 Kb)


4. winaqua (16 Kb)

5. Winter (12 Kb)


6. XFactor3 (15 Kb)


7. Zhelezo (96 Kb)


Lihat juga :
Sekian posting saya yang berjudul Free Download 7 Skin Visual Basic 6.0 [Part V]. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0

Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0
Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Pada sebuah program aplikasi yang memiliki fungsi untuk menghitung bilangan angka, sering kita temui hasil dari penghitungan tersebut merupakan bilangan berkoma yang digit dibelakang koma berjumlah cukup banyak, sedangkan yang kita inginkan hanyalah 2 atau 3 digit saja yang muncul dibelakang koma.

Untuk itu, kita bisa menggunakan fungsi Round untuk memperpendek digit sesuai keinginan kita.

Sebagai contoh, saya membuat sebuah aplikasi sederhana untuk pembagian dua buah bilangan dan hasil dari penghitungan tersebut saya hanya munculkan 2 digit saja angka dibelakang koma, adapun disain form tersebut adalah seperti berikut ini :

Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0

Pada tombol Hitung (Command1), saya masukkan coding berikut ini :


Perhatikan angka 2 yang berada diujung coding, angka tersebut yang menentukan jumlah digit yang ingin kita munculkan dibelakang koma.

Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0

Silakan sobat ganti angka tersebut sesuai keingin sobat. Untuk lebih jelasnya, contoh progam ini bisa sobat download melalui link berikut ini :






Sekian dulu posting kami yang berjudul Cara Membuat Pembulatan Bilangan Angka Dengan Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Membuat Format Mata Uang Dengan Visual Basic 6.0

Cara Membuat Format Mata Uang Dengan Visual Basic 6.0
Cara Membuat Format Mata Uang Dengan Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Posting kali ini kita akan membahas pemrograman sederhana namun cukup sering menjadi pertanyaan di forum programmer VB. Yang akan kita jadikan topik bahasan kali ini adalah tentang bagaimana caranya membuat format mata uang dengan visual basic 6.0.

Pembuatan format mata uang ini hanya membutuhkan sebaris coding sederhana saja. Biasanya perintah semacam ini digunakan untuk pembuatan aplikasi transaksi penjualan.

Untuk lebih jelasnya, silakan sobat ikuti project latihan berikut ini :
  • Buatlah sebuah form dengan 1 buah Textbox (Text1.Text)
  • Kita akan menerapkan event keypress, jadi double klik pada Text1 kemudian pilih event/procedure Keypress dan masukkan coding berikut ini tepat diantara Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer) dengan End Sub 

  • Sekarang, coba jalankan program ini, masukkan nominal yang sobat inginkan kemudian tekan Enter dan lihat hasilnya.
Contoh program ini bisa sobat download melalui link berikut ini :






Sekian dulu posting saya yang berjudul Cara Membuat Format Mata Uang Dengan Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0 [Part IV]

Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0 [Part IV] | Gho Blog's - Sekarang kita lanjutkan posting sebelumnya, kali ini saya sahre lagi 10 Skin Visual Basic 6.0 bagian ke-4, setelah sebelumnya saya juga pernah membagikan skin VB 6.0 yang bisa sobat lihat pada posting yang lalu.

Sebelumnya, pastikan sobat sudah punya file OCX untuk menjalankan skin ini. Sobat bisa menggunakan Active Skin 4.0 ataupun Active Skin 4.3.

Jika sobat belum punya file OCX nya, silakan sobat download melalui link berikut ini :

atau

Cara menggunakan Active Skin 4.0 :
  • Copy paste file OCX Active Skin 4.0 yang sobat download ke dalam folder : C:\WINDOWS\system32
  • Register OCX tersebut menggunakan Command Prompth (Lihat Cara Register OCX Disini)
  • Jika sudah diregister, letakkan file skin (*.skn) satu folder dengan project.
  • Letakkan komponent Active Skin 4.0 Ke form, Jika belum ada di tools box, tekan CTRL + T, kemudian pilih dan checklist Active Skin 4.0.
  • Masukkan coding berikit ini di event Form Load() :

Cara Menggunakan Active Skin 4.3 (Lihat Caranya Disni)

Berikut ini 10 Skin Visual Basic 6.0 bagian ke-4 dari saya yang bisa sobat download dan gunakan :

Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
1. Orange (13 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
2. Orion (24 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
3. OrionNext (27 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
4. paper (4 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
5. Plastik (15 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
6. Retro (13 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
7. SteelBlue (19 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
8. TdPanther (21 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
9. Tiger3 (16 Kb)


Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0
10. TopSecret (39 Kb)


Lihat juga :
Sekian posting saya yang berjudul Free Download 10 Skin Visual Basic 6.0 [Part IV]. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.
 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template