Home » , » Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada Dirumah Selama 40 Hari

Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada Dirumah Selama 40 Hari

Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada Dirumah Sebelum 40 Hari
Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada Dirumah Selama 40 Hari | Gho Blog's - Pada kesempatan ini saya ingin menjawab pertanyaan seorang teman yang kerabatnya meninggal dunia beberapa hari yang lalu. Dia menceritakan bahwa beberapa hari yang lalu, keluarganya ada yang mendengar suara-suara aneh dirumah. Kemudian menurut orang-orang tua ditempatnya, itu adalah arwah si mati yang masih berada dirumah. Kononnya arwah orang yang meninggal masih berada dirumah selama 40 hari setelah kematiannya.

Hal seperti ini memang sudah tertanam di benak kita sejak turun temurun dan bahkan sudah ada yang menjadi sebuah keyakinan orang muslim. Masalah inilah yang akan saya angkat agar tidak lagi terjadi salah kaprah dalam pandangan umat islam.

Orang yang sudah meninggal, maka terputuslah segala urusan duniawi-nya kecuali 3 hal yaitu :
  • Amal Jariyah
  • Ilmu yang bermanfaat
  • Doa dari anak yang shaleh
Dalam hal ini tidak ada Nash yang menyatakan bahwa orang yang telah meninggal maka arwahnya masih berada di dunia selama 40 hari. 

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah menyebutkan daiam bukunya, al-Ruh, bahwa ada beberapa pendapat tentang keberadaan ruh/arwah setelah meninggal hingga hari kiamat. Dari sekian banyak pendapat yang ada, tidak satu pun yang menerangkan bahwa ada ruh yang bergentayangan. Ruh orang-orang beriman berada dialam barzakh yang luas, yang di dalamnya ada ketenteraman dan rezeki serta kenikmatan, sedangkan ruh orang-orang kafir berada di barzakh yang sempit, yang di dalamnya hanya ada kesusahan dan siksa. 

Allah SWT berfirman :
"Dan di hadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan." (QS. Al-Mukminun : 100).

Ada sebuah hadits yang mengisahkan proses perjalanan ruh sejak dicabut dari jasad oleh malaikat, kemudian ruh tersebut dibawa kelangit sebelum dikembalikan lagi ke dalam jasadnya yang berada di alam barzakh (kubur) untuk menerima pertanyaan dari malaikat dan mendapatkan kepastian dimana tempat ia akan menunggu datangnya hari kiamat, apakah di alam barzakh yng penuh kenikmatan atau alam barzakh yang penuh siksa sesuai dengan amal dan perbuatannya selama hidup. Mereka baru dibangkitkan kembali saat datangnya hari kiamat kelak.

Jadi intinya, tidak pernah ada orang yang telah meninggal maka ruh/arwahnya masih berada disekitar rumah sampai 40 hari. Karena setelah seseorang meninggal, maka ia akan berada di  alam barzakh bukan lagi di alam dunia (Berbeda dimensi). Kepercayaan seperti ini sangat bertentengan dengan ajaran islam dan harus kita koreksi mulai dari sekarang.

Lalu siapa biang kerok dari gangguan yang mengatas namakan orang yang telah meninggal...??

Setan, iblis dan jin kafir memang pekerjaannya menjauhkan manusia dari cahaya Allah SWT. Merekalah yang berusaha menggoyahkan keyakinan dan keimanan manusia yang mempercayai hal-hal semacam ini dalam bentuk yang nyata baik itu secara visual maupun audio (suara-suara).

Orang yang percaya dengan adanya arwah orang meninggal masih dirumah selama 40 hari, maka semakin yakinlah mereka dengan apa yang mereka alami sedangkan apa yang mereka yakini adalah ulah jin, setan dan iblis yang menjerumuskan mereka ke jalan yang sesat.

Update :
Berhubung ada yang mengatakan posting saya ini ngawur karena hal seperti ini katanya tidak cukup dengan berlandaskan Al-Qur'an dan Hadist saja. Dan yang bersangkutan menyakini bahwa orang yang matinya tidak wajar seperti dibunuh atau bunuh diri, maka arwahnya akan kembali ketempat kejadian.

Untuk masalah semacam ini saya ingin tahu, atas dasar apa orang tersebut punya keyakinan seperti itu..?. Lalu untuk mendalami permaslahan ini saya akan mengajak anda untuk sedikit menggunakan logika.

Pertama, dalam Islam kita mengetahui bahwa setelah jasad dimakamkan, dan rombongan pengantar meninggalkan makam tersebut, maka si mati akan didatangi oleh malaikat untuk menanyakan perihal keimanan orang yang wafat tersebut. Jika seandainya amal ibadah si mati ini baik maka akan mampu menjawab pertanyaan yang diajukan malaikat dan ia akan dibawa kesuatu tempat yang indah dialam barzah.

Kedua, apabila amal ibadah si mati ternyata buruk dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang dajukan malaikat, maka si mati ini akan mendapatkan azab kubur yang pedih.

Jadi pertanyaan nya, jika saja arwah orang yang telah meninggal, baik secara wajar maupun tidak wajar masih bergentayangan di dunia, lalu siapakah yang berada di alam barzah yang indah karna amal ibadahnya baik...? dan siapakah yang mendapatkan siksa kubur jika si mati tersebut memiliki amal ibadah yang buruk..?

Menurut beberapa ulama, ada waktu-waktu tertentu dimana arwah keluarga yang telah meninggal bisa pulang kerumahnya, ada yang menyebutkan setiap malam Nifsu Sya'ban dan selama bulan Ramadhan.

Tetapi selama ini saya belum pernah mendengar ada yang mengatakan bahwa arwah tersebut masih berada dirumahnya selama 40 hari kematiannya, dan bahkan ada arwah yang bergentayangan karena matinya yang tidak wajar.

Jadi, tugas kita sebagai yang hidup adalah mendoakan keuarga yang telah meninggal, agar terlepas dari siksa kubur dan ditempatkan ditempat yang layak di alam barzah sana. Bukan mendoakan karena arwahnya yang masih bergentayangan karena mati yang tidak wajar.

Sekian dulu posting kami yang berjudul Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada Dirumah Selama 40 Hari. Semoga posting kali ini bisa bermanfaat untuk kita bersama agar terhindar dari tipu daya setan, jin dan iblis.




Share Posting Ini :

Berlanggan Artikel Via Email Dari Gho Blog's, GRATIS...! KLIK DISINI


Klik Tombol Like Fanspage Kami

29 komentar :

umroh plus dubai 2013 mengatakan... Reply Comment

nice gan :D

Mas Adhie mengatakan... Reply Comment

Terima kasih untuk penjelasannya, semoga baik kerabat atau orang tua kita yang telah tiada diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan YME, Aamiin :)

Muhammad Dehidra Aktriyan mengatakan... Reply Comment

@umroh plus dubai 2013: thank's gan...

Muhammad Dehidra Aktriyan mengatakan... Reply Comment

@Mas Adhie: aamiin... makasih gan...

rahmat abimila mengatakan... Reply Comment

setuju

wan' s mengatakan... Reply Comment

sangat bermanfaat ...

Hery Susanto mengatakan... Reply Comment

Amien ya allah

Dasepticons zie mengatakan... Reply Comment

Terima kasih gan sangat bermanfang'at

tary cie pandaa mengatakan... Reply Comment

Setuju

Nur Hidayat mengatakan... Reply Comment

thank.. gan..

Joe Alsahara mengatakan... Reply Comment

Setuju

Yudhi Teguh mengatakan... Reply Comment

Thanks gan penjelasannya! :D

Yudhi Teguh mengatakan... Reply Comment

Thanks gan penjelasannya! :D

a.fauzi fauzan mengatakan... Reply Comment

Itulah kabar kebenaran.kita tak perlu repot repot menebak.

Anonim mengatakan... Reply Comment

betull., semuanya emang ulah jin.. Nice,.

Budi Santoso mengatakan... Reply Comment

Sip gan.

opic mangini mengatakan... Reply Comment

Terimakasih gan, jadi semakin tau karna posting ini

opic mangini mengatakan... Reply Comment

Posting anda memang bagus gan

yotje.dwg78 mengatakan... Reply Comment

Betul.. Saudara ku

yotje.dwg78 mengatakan... Reply Comment

Terima kasih atas masukannya...

Anonim mengatakan... Reply Comment

aku setuju bangat ,,,,jangan percaya pendapat siapapun kecuali kalo ada ayatnya dan hadistnya,,,,takut malah kita jatuh ke jurang ke kafiran lebih jauh lagi bidah

Anonim mengatakan... Reply Comment

Gan, gw pernah tuh .. Sehabis melayat paman gw meninggal. Pas sampe dirumah gw ngeliat ada asap putih yg ngikutin gw, mulai dari pintu masuk sampai ke dalam rumah. Gw sangka apa ada kebakaran. Tp pas gw bilang ke saudara gw kalo ada asap. Eh asapnya langsung ilang.

Tiara Putri mengatakan... Reply Comment

Subhanalloh... aku setuju dgn pnjlsn ustat. Tdk mungkin org yg tlh mati arwah nya msh di dunia. Bila ada semua itu adlh tipu daya setan, iblis, jin folker dsb. Spy manusian tdk mprcyai adanya siksa kubur..

Tiara Putri mengatakan... Reply Comment

Betul ustat...

Anonim mengatakan... Reply Comment

Siiip

Hendra Odzil Thea mengatakan... Reply Comment

sesuai dgn apa yg ane dgr dr bnyk ustad dan guru ngaji ane GAN.!!!

Hendra Odzil Thea mengatakan... Reply Comment

sesuah dgn syariat islam Gan !!!

Hendra Odzil Thea mengatakan... Reply Comment

sesuah dgn syariat islam Gan !!!

Endhellia Mojangwirogo mengatakan... Reply Comment

Setuju

Poskan Komentar

Berhubung Makin Banyaknya Komentar Yang Tidak Mematuhi Peraturan, Maka Setiap Komentar Yang Masuk Akan Di Moderasi (Diterbitkan Atas Persetujuan) Oleh Admin Terlebih Dulu.

Aturan Berkomentar
1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Komentar Sesuai Topik Artikel
3. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
4. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
5. Komentar Menggunakan Akun Personal, Bukan Akun Nama Produk Barang (Dianggap Promosi).
6. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Tidak Diterbitkan Dan Akan Saya Hapus.

Spam = Delete...!!
Promosi = Spam = Delete...!!

Komentar Yang Sesuai Aturan akan Diterbitkan Selambat-Lambatnya Dalam 1x24 Jam.

<-- Thank's -->

Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template