Home » , , , » Waspadalah Terhadap Penyesatan Berkedok Dakwah Islam

Waspadalah Terhadap Penyesatan Berkedok Dakwah Islam

Perbedaan Nabi Dan Rasul Dalam Terminologi Islam
Waspadalah Terhadap Penyesatan Berkedok Dakwah Islam | Gho Blog's - Beberapa hari yang lalu saya sempat menemui sebuah akun di facebook yang pada awalnya terlihat tidak ada yang aneh dengan tulisan-tulisan yang dibuat si pemilik akun tersebut.

Yang menarik adalah, jika saya perhatikan status yang ditulis si pemilik akun terkesan seperti mendakwahkan islam dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an. Namun semakin jauh saya perhatikan, ada banyak keganjilan  pada tulisan-tulisan tersebut terutama pada bagian catatan.

Pada kesempatan ini, tanpa bermaksud untuk berprasangka buruk terhadap si pemilik akun tersebut, ada hal yang ingin saya luruskan perihal salah satu dari note yang membahas tentang Nabi dan Rasul.

Pada tulisannya, si pemilik akun mengatakan bahwa :
"Setiap Rasul belum tentu merupakan seorang Nabi, namun seorang Nabi pastilah merupakan seorang Rasul. Muhammad adalah Nabi terakhir, namun bukan Rasul terakhir." 
"Setelah masa kenabian berakhir (Muhammad SAW), maka akan datang seorang Rasul yang akan membuktikan keotentikan isi kitab suci.".
Mungkin sobat muslim yang paham akan terminologi Islam juga dapat menangkap keganjilan pada tulisan tersebut. Untuk itu, saya akan jabarkan sedikit penjelasan tentang perbedaan Nabi dan Rasul dalam terminologi Islam.
  1. Seorang Nabi, adalah seorang yang dipilih oleh Allah dan diberi wahyu tetapi tidak memiliki kewajiban menyampaikannya kepada manusia lainnya
  2. Seorang Rasul adalah seorang Nabi yang diberi kewajiban menyampaikan wahyu yang diterimanya kepada suatu umat atau bangsa tertetu. 
  3. Jadi seorang Nabi belum tentu seorang Rasul, sedangkan seorang Rasul sudah pasti seorang Nabi.
Jika kita perhatikan, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang dikatakan si pemilik akun berbanding terbalik dengan terminologi Islam.

Menanggapi statement ke-2 si pemilik akun tersebut, saya pun merasa bingung, apa maksudnya "Setelah masa kenabian berakhir (Muhammad SAW), maka  akan datang seorang Rasul yang akan membuktikan keotentikan isi kitab suci."

Sedangkan Allah memberikan kesaksasian bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Rasul terakhir dan penutup Nabi-Nabi :

"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS 33:40)

Setelah saya telusuri ke catatan lainnya, ada sedikit penjelasan yang saya dapat tentang Rasul yang diutus setelah Nabi Muhammad SAW untuk membuktikan keotentikan Al-Qur'an, ternyata Rasul yang diamksud adalah Al-Qur'an itu sendiri.

Dalam hal ini saya semakin bingung, karena sepahaman saya Al-Qur'an adalah kitab suci dan petunjuk hidup untuk seluruh makhluk di dunia ini. Walaupun pada dasarnya, keotentikan Al-Qur'an sangat terbukti dengan mampunya Al-Qur'an menjawab sains modern saat ini. Hanya saja, saya belum pernah menemukan dalil yang menyatakan bahwa Al-Qur'an pernah dianggap sebagai Rasul oleh umat Islam.

Saya secara pribadi merasa aneh atas apa yang menjadi dasar pemikiran pemilik akun tersebut dan menimbulkan tanya dalam pemikirin saya apakah benar dia seorang Muslim...?. Karena tidak hanya satu atau dua pembahasan saja yang terkesan ganjil namun masih banyak tulisan-tulisan lain yang ia buat dan menimbulkan keanehan.

Melalui pembahasan singkat ini, saya hanya ingin mengingatkan sobat muslim agar lebih berhati-hati dan lebih jeli dalam menanggapi setiap tulisan yang beredar. Carilah terlebih dahulu dalil-dalil yang berhubungan dengan tulisan tersebut atau bertanyalah kepada orang yang lebih paham tentang Islam. Ingatlah selalu perintah pertama yang Allah SWT wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu "Iqra". Allah telah menganugerahi kita akal agar kita mau berfikir dan belajar tentang mana yang benar dan mana yang salah.

Berhati-hatilah terhadap tindak-tanduk golongan tertentu yang bertujuan menyesatkan pemikiran umat Islam dengan cara-cara halus seperti ini.

Sekian dulu posting saya yang berjudul Waspadalah Terhadap Penyesatan Berkedok Dakwah Islam. Semoga bermanfaat untuk kita bersama.




Share Posting Ini :


Berlanggan Artikel Via Email Dari Gho Blog's, GRATIS...! KLIK DISINI


2 komentar :

erika drink mengatakan... Reply Comment

iman tanpa kepandaian = bisa tersesat

Dehidra mengatakan... Reply Comment

@erika drink:(y)
itulah mengapa Allah menganugerahkan akal kepada manusia.. agar mampu memilih mana yg benar dan mana yg salah..

Posting Komentar

Berhubung Makin Banyaknya Komentar Yang Tidak Mematuhi Peraturan, Maka Setiap Komentar Yang Masuk Akan Di Moderasi (Diterbitkan Atas Persetujuan) Oleh Admin Terlebih Dulu.

Aturan Berkomentar
1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Komentar Sesuai Topik Artikel
3. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
4. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
5. Komentar Menggunakan Akun Personal (mis. Akun Google), Bukan Akun Nama Produk Barang (Dianggap Promosi) dan Nama yang Mengarah ke URL Tertentu (Dianggap Spam).
6. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Tidak Diterbitkan Dan Akan Saya Hapus.

Spam = Delete...!!
Promosi = Spam = Delete...!!

Komentar Yang Sesuai Aturan akan Diterbitkan Selambat-Lambatnya Dalam 1x24 Jam.

-->Untuk Pertanyaan Yang Dirasa Penting (Urgent) Silakan Contact Saya Melalui Email Pada Link Berikut Ini : Contact Us


<-- Thank's -->

 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template