Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5

Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5
Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5 | Gho Blog's - Seperti yang pernah saya janjikan sebelumnya, kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat laporan dengan seleksi data.

Mungkin sobat bingung apa yang dimaksud dengan seleksi data. Saya narasikan secara sederhana dan singkat sebagai berikut :

Kita akan membuat program laporan data siswa berdasarkan kelasnya, jadi laporan yang akan tampil di Crystal  Report nantinya adalah data siswa berdasarkan kelas yang sobat pilih melalui program Visual Basic. Maksudnya, jika sobat memilih kelas XII-IPA-1 melalui Visual Basic maka di Crystal Report yang tampil hanyalah data-data siswa kelas XII-IPA-1 saja, sedangkan kelas lainnya tidak akan tampil.

Kalau sobat masih bingung, kita langsung cobakan saja membuat programnya, jika sudah selesai nanti, saya yakin sobat akan mengerti dengan sendirinya. Sekarang, silakan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Buatlah sebuah database menggunakan MS Office Access 2003 (Jika menggunakan MS Access 2003 keatas, pastikan disimpan dengan format 2003 yaitu *.mdb). Beri nama database trsebut dengan nama latihan.mdb.
  • Simapanlah database tersebut pada sebuah folder yang nantinya pada folder tersebut kita juga akan menyimpan program laporan dan project Visual Basic.
  • Buat satu buah File/tabel dengan nama tbbelajar dengan field-field sebagai berikut :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5

  • Masukkan beberapa buah record kedalam file tersebut. Sobat bisa melakukan secara manual atau dengan membuat program Entry di Visual Basic 6.0 terlebih dahulu. Untuk membuat program entry, silakan sobat buka kembali tutorial sebelumnya.
  • Sebagai contoh, coba sobat masukkan data-data berikut ini kedalam file/tabel tbbelajar yang sobat buat tadi :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5

Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5

  • Setelah itu simpan disain tersebut dalam satu folder dengan database yang sobat buat tadi.
  • Agar program tidak error saat dipindah folderkan nantinya, klik menu Database, pilih Set Location kemudian klik tombol Same As Report dan klik tombol Done.

Disain Visual Basic 6.0






  • Kemudian buat sebuah project baru di Visual Basic 6.0 (Gunakan VB Enterprise Edition Controls).
  • Kita harus mengaktifkan Crystal Report Control yang berada di Visual Basic terlebih dahulu. Caranya klik menu Project kemudian pilih Componets.
  • Cari Crystal Report Control yang berada di list, beri tanda check list kemudian klik OK.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5

  • Buat disain di form Visual Basic seperti gambar dibawah ini :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5
  • Buatlah sebuah Module dengan cara, Klik menu Project kemudian pilih Add Module dan masukkan script berikut ini pada Module tersebut :

  • Sekarang kita kembali ke Form Laporannya, aturlah Interval Timer 1 menjadi 360. Kemudian double klik pada Timer 1 dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Timer1_Timer() dengan End Sub :
  • Setelah itu, double klik pada form, dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Form_Load() dengan End Sub :

  • Terakhir, double klik pada tombol Cetak dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command1_Click() dengan End Sub :

Bagaimana..., tidak terlalu sulit kan...?
Kalau sobat masih bingung, sobat bisa download contoh programnya disini :









Atau :




Sekian dulu tutorial dari saya yang berjudul Cara Membuat Program Laporan Dengan Seleksi Data Pada Visual Basic 6.0 Dan Crystal Report 8.5. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Video Penggalian Kembali Makam Syuhada Suriah | Jenazah Masih Utuh Dan Wangi

Video Penggalian Kembali Makam Syuhada Suriah | Jenazah Masih Utuh Dan Wangi
Video Penggalian Kembali Makam Syuhada Suriah | Jenazah Masih Utuh Dan Wangi | Gho Blog's - Situs berita Islam Asy-Syam melaporkan penduduk desa Tariq Sad, kota Balad, propinsi Dara'a Suriah membongkar kembali kuburan darurat dua warga yang syahid, Nama mereka adalah Anas Musalimah dan Walid 'Ayash. Keduanya gugur oleh bombardir tentara thaghut suriah di desa itu. Akibat gencarnya bombardir dan sulitnya proses evakuasi, kedua syahid ini dikuburkan secara darurat di halaman rumah seorang warga.

Setelah bombardir agak mereda, beberapa hari kemudian penduduk desa membongkar kuburan darurat itu guna memindahkan kedua syahid ke pemakaman umum pada Kamis (20/12/2012). Warga desa membongkar kembali kuburan keduanya dengan cangkul dan sekop. Saat kedua jenazah diangkat, bau minyak wangi tercium sangat harum oleh seluruh warga dan wartawan yang mengikuti proses pembongkaran makam.

"Para syuhada' ini masih hidup dan suci dalam kuburan mereka. Bau minyak misk tercium sangat harum dari jenazah mereka," lapor wartawan situs Asy-Syam yang meliput langsung proses pembongkaran makam kedua syahid tersebut.

Wahai muslim lihatlah jenazah muslim ini yang insya Allah syahid. Setelah beberapa hari dikubur namun tidak membusuk justru jenazahnya lemas dan tidak kaku. terlihat seperti orang tidur saja. dan wartawan dari situs Asy-Syam mengatakan tercium aroma wangi misk yang sangat harum ketika membongkar makam mereka.

SUBHANALLAH!

"Dan janganlah sekali-kali engkau menyangka orang-orang yang terbunuh di jalan Allah itu mati, justru mereka adalah orang-orang yang hidup di sisi Rabb mereka dan mereka senantiasa dikaruniai rezeki." (QS. Ali Imran: 169)


Berikut ini videonya :






3 x 0.5 Menit Yang Sangat Penting

3 x 0.5 Menit Yang Sangat Penting
3 x 0.5 Menit Yang Sangat Penting | Gho Blog's - Para ahli sering berpesan: Setiap orang harus memperhatikan 3 x setengah menit. "3 x setengah menit" adalah sesuatu yang sangat singkat, tetapi akan banyak mengurangi angka kematian secara tiba-tiba! Kenapa demikian...?

Sering kali terjadi seseorang siangnya masih sehat walafiat, tetapi malam nya tiba-tiba ada kabar dia meninggal. Tidak jarang kita mendengar cerita orang, kemarin saya masih ngobrol dengan dia, kenapa tiba-tiba dia meninggal...?

Penyebabnya bisa salah satunya adalah ketika bangun malam untuk ke kamar mandi sering dilakukan secara terlalu cepat. Begitu bangun dan langsung berdiri, otak akan kekurangan darah. Mengapa perlu "3 x setengah menit..?"

Karena pola ECG (Electro Cardiogram) seseorang akan normal pada siang hari, tetapi ketika bangun tengah malam untuk melaksanakan hajat misalnya dan dia langsung bangun dengan tiba-tiba, gambar ECG itu dapat berubah? Kenapa demikian?

Karena dengan tiba-tiba bangun, otak akan menjadi anaemic, dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah.

Dianjurkan oleh para ahli untuk menjalankah "3 x setengah menit", yakni:
  1. Bila terbangun jangan langsung turun dari tempat tidur, tetapi berbaringlah selama setengah menit;
  2. Duduk di tempat tidur selama setengah menit; 
  3. Turunkan kaki, duduk di tepi ranjang selama setengah menit.
Setelah lewat 3x setengah menit yang dilakukan tanpa harus membayar session pun tersebut, otak tidak akan anaemic, dan jantung tidak akan mengalami kegagalan, mengurangi kemungkinan jatuh dan meninggal ketika bangun tengah malam seperti yang sering kita dengar.

Pernah setelah membaca tulisan ini, seorang usia lanjut menangis menyesali kenapa dia tidak mengetahui hal ini jauh-jauh hari.

Dua tahun lalu dia bangun tengah malam untuk buang air kecil, dikamar mandi tiba-tiba merasa dunia seperti berputar dan kemudian dia jatuh, akibatnya dia sekarang mengalami kelumpuhan dan tidak bisa meninggalkan tempat tidur lagi. Kalau saja dia mengetahui hal ini, tidak harus menderita selama ini.



Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0

Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Kali ini kita lanjutin lagi tutorial pemrograman Visual Basic 6.0. Yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membuat program login dengan batasan hak akses. Letak batasannya sendiri ada pada akses menu untuk tiap-tiap user akan berbeda-beda tergantung dari level user tersebut.

Disini saya akan memberi contoh sederhana pemrogramannya. Pada program yang akan kita coba buat ini saya membagi aksesnya menjadi dua yaitu :
  1. Level Admin =>> Bisa mengakses menu secara keseluruhan (Entry dan Laporan)
  2. Level User =>> Hanya bisa mengakses menu Laporan saja.
Sebelumnya kita harus membuat program menu utama terlebih dahulu. Saya pernah memposting tutorial tentang pembuatan program menu menggunakan menu editor, jadi program itu yang akan kita gunakan pada posting kali ini.

Untuk sobat yang belum mengikuti posting terdahulu, sobat bisa download saja program menu nya melalui link berikut ini :
Jika sudah didownload, sobat extract saja isi file yang sobat download tadi. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Buat sebuah database dengan Microsoft Office Access 2003 (Jika menggunakan MS Access 2007 keatas simpan database dengan format 2003 yaitu *.mdb). Simpan database dalam satu folder dengan program menu yang sobat download tadi dan beri nama database tersebut "dblogin.mdb".
  • Buatlah sebuah tabel / file dengan field-field seperti gambar dibawah ini :
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0

  • Beri nama tabel/file tersebut dengan nama "datauser".
  • Masukkan 2 buah data ke dalam tabel datauser seperti berikut ini :
  1. username : adm001, password : 1234, level : Admin
  2. username : us001, password : 4321, level : User
  • Kemudian Save dan Tutup/Close database tersebut.
Langkah selanjutnya, kita akan membuat program nya, silakan sobat ikuti langkah-langkah berikut :
  • Bukalah project yang sobat download tadi.
  • Tambahkan dulu Component ADODC nya jika belum tersedia dibagian Tools yang berada disebelah kiri. Caranya, klik menu Project => Pilih Components => Cari dan beri tanda Check List pada Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) => Klik Tombol OK.
  • Tambahkan satu buah form baru (Form7) dan buatlah design seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0
  • Untuk Text2.Text, aturlah PasswordChar pada properties menggunakan tanda bintang(*) seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0
  • Kemudian Aturlah Visible pada Label 4 menjadi False. seperti gambar berikut :
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0

  • Selanjutnya, buatlah satu buah Module dengan cara : Klik menu Project => pilih Add Module => Klik tombol Open. Kemudian masukkan script berikut pada Module tersebut :
  • Selanjutnya kita akan membuat program untuk batasan hak akses. Caranya, masukkan script berikut di bagian codding pada form yang kita buat tadi.
  • Kemudian double klik pada form, dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Form_Load()  dengan End Sub 
  • Selanjutnya, double klik pada Text2.Text dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Text2_Change() dengan End Sub
  • Terakhir, double klik pada tombol Login dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command1_Click() dengan End Sub
  • Aturlah Form Login (Form7) menjadi form yang pertama kali dijalankan saat program di running. dengan cara klik menu Project => pilih Project1 Properties => pilih Form7 pada Startup Object => klik tombol OK.
Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0

Sekarang coba jalankan program yang kita buat ini. Pertama cobalah login sedagai admin dengan data berikut :
  • Username : adm001
  • Password : 1234
Karena level admin diberikan hak akses untuk bisa menggunkan seluruh menu yang tersedia, maka tidak akan terlihat perubahaan pada form Menu. Sekarang coba sobat login sebagai User dengan data berikut ini :
  • Username : us001
  • Password : 4321
Sekarang sobat bisa lihat menu entry pada form menu menghilang. Hal ini karena kita mengatur level user hanya bisa mengakses menu laporan saja.

Jika sobat masih bingung dengan pembahasan kali ini, sobat bisa download program nya melalui link berikut ini untuk lebih memahaminya :








Atau :


Sekian dulu tutorial Visual Basic 6.0 yang berjudul Cara Membuat Program Login Dengan Batasan Hak Akses Pada Pemrograman Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0

Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Apa kabar sobat semua...? Setelah sebelumnya kita pernah membahas tutorial Visual Basic 6.0 seputar simpan, edit, delete dengan menggunakan tools-tools yang ada, kita juga sudah pernah membahas bagaimana cara membuat menu. Kali ini saya akan mencoba membagikan lagi tutorial pemrograman Visual Basic 6.0 yang berhubungan dengan program laporan.

Untuk pembuatan program laporan, saya menggunakan software Crystal Report 8.5 sebagai media design yang nantinya akan terhubung dengan program Visual Basic 6.0. Untuk tahap awal, kita coba dulu membuat laporan dari satu buah tabel saja. Nanti pada kesempatan lainnya baru kita bahas bagaimana membuat laporan menggunakan 2-3 tabel dalam satu disain dan bagaimana membuat laporan berdasarkan seleksi data.

Daripada sobat membuat project baru, sobat bisa download saja project sebelumnya Disini. Karena kita akan melanjutkan dari project tersebut, jadi sobat cukup menambahkan sebuah form saja.

Untuk membuat laporan, silakan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Jalankan software Crystal Report 8.5 di komputer sobat
  • Setelah kotak dialog Welcome to Crystal Report terbuka pilih As a Blank Report kemudian klik OK.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Setelah itu pilih Database Files, kemudian double klik pada Find Database File.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Cari letak database dari project yang sobat download tadi, jika sudah ketemu klik latihan.mdb kemudian klik Open.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Setelah itu klik tbbelajar hingga muncul tanda check list hijau, kemudian klik Add dan klik tombol Close.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Maka akan terbuka form design Crystal Report dan kotak dialog Field Explorer. Pilih Database Fields, kemudian klik tbbelajar maka akan tampil seluruh fields dari tabel tbbelajar.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Disini sobat bisa melakukan Drag and Drop field-field tersebut dan letakkan pada bagian Details di lembar form Crystal Report.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Lakukan hingga semua field tersusun rapi pada lembaran design Crystal Repot. Sobat bisa mengatur panjang dari tiap-tiap field dengan cara menarik garis putus-putus field tersebut.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Untuk bagian Page Header, sobat bisa mengedit dan mengganti tulisannya dengan cara double klik pada field yang berada di Page Header kemudian Blok dan hapus tulisan tersebut dan ganti sesuai selera sobat. Sobat bisa menggunakan tools yang tersedia pada menu untuk mengubah tulisan pada Page Header.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Jika sudah maka hasilnya akan seperti ini 
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Untuk Field tanggal lahir kita akan merubah format menjadi DD-MMMM-YYYY. Caranya, klik kanan pada fields tgl_lahir kemudian pilih Format Field.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Pada kotak dialog Format Editor, pilih Tab Date / Time. Cari pada list yang tersedia format tanggal yang sobat inginkan dan klik OK.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Selanjutnya, kita akan membuat tabel. Caranya, klik menu Insert kemudian pilih Line. Buatlah garis untuk tiap batas secara hati-hati agar terlihat rapi. Jika sudah maka hasilnya seperti berikut ini : 
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Untuk melihat hasil design, sobat bisa klik icon Print Preview yang berada di menu bar.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Jika rasanya sudah rapi, selanjtnya kita akan membuat judul laporan yang akan kita letakkan pada bagian Report Header. Disini, sobat bisa mengatur ruangnya dengan menarik garis abu-abu yang berada di lembaran design.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Untuk membuat judul, klik menu Insert kemudian pilih Text Object dan letakan di bagian Report Header. Ketikkan kata-kata yang ingin sobat buat pada Text Object tersebut. Sobat juga bisa mengatur besar kecil huruf menggunakan tools seperti menggunakan MS Word. Disini sobat juga bisa menambahkan gambar agar terlihat lebih bagus lagi laporan yang sobat buat. Caranya, klik menu Insert kemudian pilih Picture, cari gambar yang ingin sobat masukkan kemudian klik Open. Jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut ini.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Selanjutnya kita akan menambahkan sedikit keterangan pada bagian bawah laporan (Page Footer). Kita akan menambahkan dua buah Formula Field yaitu "namakepsek" dan "nip". Mungkin sobat bingung apa guna dari Formula Field tersebut. Sobat akan tahu sendiri nanti setelah program ini selesai dikerjakan. untuk membuat Formula Field ikuti langkah berikut :
  • Pada kotak dialog Field Explorer pilih Formula Fields kemudian klik icon New.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Kemudian pada kotak Formula Name ketikkan kata namakepsek kemudian klik OK.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Pada kotak dialog Formula Editor, klik saja tombo Close dan jika muncul pesan untuk menyimpan klik tombol Yes.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Buatlah satu buah Formula Fields dengan nama "nip" menggunakan cara yang sama sebelumnya.
  • Kembali ke kotak Field Explorer. Pilih Special Fields kemudian Drag And Drop Print Date dan letakkan pada bagian Page Footer seperti gambar dibawah ini :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Untuk nama kota : Tanjungpinang dan Kepala Sekolah sobat bisa menggunakan Text Object seperti membuat judul sebelumnya.
  • Kembali ke Formula Fields, Drag And Drop formula namakepsek dan nip, kemudian letakkan pada bagian Page Footer seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Berilah garis antara namakepsek dengan nip menggunakan Line. Formula yang kita buat ini akan terhubung langsung dengan form Visual Basic nantinya.
  • Kemudian Save design Crystal Report ini dengan nama lap-data-siswa.rpt dan letakan satu folder dengan project Visual Basic 6.0 yang sobat download tadi. 
  • Bukalah project Visual basic yang sobat download, kemudian tambahkan satu buah form.
  • Kemudian kita harus mengaktifkan Crystal Report Control yang berada di Visual Basic terlebih dahulu. Caranya klik menu Project kemudian pili Componets.
  • Cari Crystal Report Control yang berada di list, beri tanda check list kemudian klik OK.
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Buatlah design form seperti gambar berikut ini :
Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0
  • Atur Interval Timer1 menjadi 360
  • Double klik pada Timer1 kemudian masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Timer1_Timer() dengan End Sub
  • Kemudian double klik pada Tombol Cetak dan masukkan script berikut tepat diantara Private Sub Command1_Click() dengan End Sub

Catatan :
Program laporan ini akan error jika dipindah folder atau dipindahkan ke partisi lain. Untuk mengatasinya, ikuti langkah berikut ini :
  1. Buka design Crystal Report yang telah dibuat.
  2. Klik menu Database kemudian pilih Set Location
  3. Kemudian klik tombol Same As Report dan klik tombol Done.
Untuk lebih lanjut, jika sobat mengalami kendala pada toturial kali ini sobat bisa mendownload contoh program jadinya melalui link dibawah ini :





Atau :



Sekian dulu tutorial saya yang berjudul Cara Membuat Program Laporan Dengan Crystal Report 8.5 Dan Visual Basic 6.0. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Masuk Islam Gara-Gara Celana Dalam

Masuk Islam Gara-Gara Celana Dalam
Masuk Islam Gara-Gara Celana Dalam | Gho Blog's - Mungkin kedengaran aneh dan janggal. Hidayah memang bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Selama ini mungkin kita lebih sering mendengar masuk islamnya seorang non muslim kedalam islam di sebabkan hal-hal luar biasa dan penting. Seperti dokter Miller seorang penginjil Kanada yang masuk islam setelah menjumpai I’jaz Qur’an dari berbagai segi.

Tapi yang ini benar-benar tidak biasa. Ya,…masuk islam gara-gara pakaian dalam.

Fakta ini dikisahkan Doktor Sholeh Pengajar di sebuah perguruan Tinggi Islam di Saudi, saat ditugaskan ke Inggris. Ada seorang perempuan tua yang biasa mencuci pakaian para mahasiswa Inggris termasuk pakaian dalam mereka. 

Suatu hari wanita tua ini menceritakan keheranannya selama bertugas pada Doktor Sholeh, perihal adanya pakaian dalam yang ‘aneh’. Ada beberapa pakaian dalam yang tidak berbau seperti mahasiswa umumnya, apa sebabnya? Maka ustadz ini menceritakan karena pemiliknya adalah muslim, agama kami mengajarkan bersuci setiap selesai buang air kecil maupun buang air besar, tidak seperti mereka yang tidak perhatian dalam masalah seperti ini. 

Betapa terkesan ibu tua ini dan tidak lama kemudian ia mengikrarkan syahadat, masuk islam dengan perantaraan pakaian dalam!!! 


 Di kutip dari : Majalah Al-Qawwam edisi 15, dzul qa’dah 1427 H Badiah, Riyadh.


Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0 | Gho Blog's - Kali ini kiita lanjutkan lagi tutorial Visual Basic 6.0. Pada tutorial hari ini kita akan membahas cara membuat program menu utama menggunakan menu editor.

Untuk pembuatan program menu utama sebenarnya tidak harus menggunakan Menu Editor saja, sebenarnya masih banyak tools lain yang bisa kita gunakan tergantung dari kreativitas masing-masing pembuatnya. Hanya saja, menurut saya jika menggunakan Menu Editor akan terbilang lebih mudah.

Adapun strukur program yang akan kita buat bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0


Keterangan :
  • Untuk bagian yang berwarna Biru kita sebut sebagai Menu
  • Dan bagian yang berwarna Merah kita sebut sebagai Sub Menu
Untuk prakteknya, silakan sobat buka sebuah project. Disini sebagian programmer menggunakan MDI Form untuk membuat program menu. Kali ini kita gunakan Form biasa saja untuk latihan. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut :
  • Bukalah sebuah design form, kemudian aturlah StartUpPosition melalui properties menjadi : 2-Center Screen.
  • Setelah itu klik menu Tools
  • Pilih Menu Editor
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Setelah Form Menu Editor terbuka, ikuti langkah dibawah ini :
  • Caption : Entry (Diisi)
  • Name : ent (Diisi)
  • Klik tombol Next -> Klik tombol panah kanan (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Dengan sobat menekan tombol panah kanan, artinya sobat akan membuat Sub Menu dari Menu Entry yang telah kita buat dengan cara diatas tadi, kemudian ikuti langkah selanjutnya berikut ini :
  • Caption : Entry Data Siswa (Diisi)
  • Name : eds (Diisi)
  • Klik tombol Next (Lihat gambar dibawah ini :) 
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Sekarang kita akan membuat Sub Menu Entry berikutnya yaitu Entry Mata Pelajaran. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Caption : Entry Mata Pelajaran (Diisi)
  • Name : emp (Diisi)
  • Klik tombol Next (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Selanjutnya kita akan membuat Sub Menu Entry berikutnya yaitu Entry Nilai. Ikuti langka-lagkah berikut ini :
  • Caption : Entry Nilai (Diisi)
  • Name : en (Diisi)
  • Klik Tombol Next -> Klik tombol panah kiri (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Dengan kita menekan tombol panah kiri, maka kita mengembalikan posisi kursor ke Menu (Bukan Sub Menu). Karena selanjutnya kita akan membuat Menu Laporan. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Caption : Laporan (Diisi)
  • Name : lap (Diisi)
  • Klik tombol Next -> Klik tombol panah kanan (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Setelah menekan tombol panah kanan, kita akan membuat Sub Menu Laporan yang pertama. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Caption : Laporan Data Siswa (Diisi)
  • Name : lds (Diisi)
  • Klik tombol Next (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Sub Menu laporan yang terakhir kita akan membuat Sub Menu Laporan Nilai Siswa. Silakan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Caption : Laporan Nilai Siswa (Diisi)
  • Name : lns (Diisi)
  • Klik Tombol Next -> Klik tombol panah kiri (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Yang terakhir, kita akan membuat Menu  Exit/Keluar. Silakan sobat ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  • Caption : Exit (Diisi)
  • Name : xxx (Diisi)
  • Klik Tombol OK (Lihat gambar dibawah ini :)
Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Jika pada saat sobat menekan tombol OK dan mendapat pesan Error seperti dibawah ini :

Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0

Periksa kembali penggunaan Name pada tiap-tiap Menu maupun Sub Menu yang sobat buat, kemungkinan terjadi kesamaan dalam penggunaan Name. Untuk penggunaan Name sendiri bersifat bebas, disini saya menggunakan inisial dari Caption sebagai Name agar mudah dipahami.

Langkah-langkah diatas baru sebatas design saja dan belum bisa berfungsi. Agar program menu ini bisa berjalan, kita harus memasukkan sedikit script didalamnya.

Disini saya memisalkan sebagai berikut :
  • Entry Data Siswa = Form2
  • Entry Mata Pelajaran = Form3
  • Entry Nilai = Form4
  • Laporan Data Siswa = Form5
  • Laporan Nilai Siswa = Form6
Jika sobat mengikuti seluruh langkah-langkah diatas sama persis, langkah selanjutnya sobat cukup Copy Paste saja script berikut ke dalam program yang sobat bikin :


Untuk lebih jelasnya sobat bisa download contoh program ini melalui link berikut ini :









Atau :




Sekian dulu tutorial Visual Basic 6.0 yang berjudul Cara Membuat Program Menu Utama Dengan Menu Editor Pada Visual Basic 6.0. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template