Home » , » Inilah Cara Virus Komputer Menyebar

Inilah Cara Virus Komputer Menyebar

Virus Komputer
Inilah Cara Virus Komputer Menyebar | Gho Blog's - Sedikit berbagi pengalaman disini, saya sering kali mendengar keluhan dari beberapa orang teman yang merasa kewalahan mengahadapi virus di PC atau pun di laptopnya. Padahal mereka sudah menggunakan antivirus yang cukup tangguh dan selalu di update, tapi masalahnya kenapa virus tetap aja mengganggu...?

Saya menilai untuk melindungi PC ataupun laptop dari serangan virus, trojan, malware dan sebagainya, kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan antivirus, karena semakin canggih antivirus yang dibuat, semakin canggih pula virus maker memprogram virus ciptaannya.

Masuknya virus ke sistem komputer kita sebenarnya tidak terlepas dari human error atau kelalaian user itu sendiri. Sedikit tips pengamanan sistem komputer paling mendasar yang harus diperhatikan dan dilakukan user agar keamanan dari serangan virus bisa lebih maksimal :

1. Penyebaran Virus Dari Media Eksternal
Ketidak hati-hatian user dalam menggunakan media eksternal paling sering terjadi, contohnya flashdisk. Kita sering kali menggunakan satu flashdisk untuk sharing data dari satu komputer ke komputer lainnya. Hal inilah yang sering diabaikan oleh user, karena setelah sebuah flashdisk digunakan dikomputer lain tanpa melakukan scanning total terlebih dahulu user langsung mengakses isi flashdisk tersebut. 

Biasanya antivirus memiliki fitur scan otomatis saat flashdisk dipasang di USB port sebuah PC/laptop, jika muncul pemberitahuan kalau flashdisk dalam keadaan bersih atau aman, sebaiknya jangan langsung mengakses isi flashdisk tersebut, lakukan scanning total terlebih dahulu, agar benar-benar yakin kalau flashdisk dalam keadaan bersih. Agar lebih maksimal lagi gunakan dua antivirus yang berbeda, dalam hal ini memang akan memakan waktu yang sedikit lama, tapi hasilnya akan lebih aman.
  • Catatan : Untuk penggunaan dua antivirus dalam satu PC / laptop sebaiknya kedua antivirus tersebut tidak yang berkapasitas besar agar tidak membebani kinerja dari PC / laptop, kita bisa menggunakan mengkombinasikan satu buah antivirus yang berat dan satu buah lagi yang ringan (Disini saya menggunakan Avast dan Smadav).



2. Penyebaran Virus Melalui Media Internet

User yang tidak hati-hati sering kali penasaran dan tertarik dengan link aneh yang dikirimkan ke akun jejaring sosial ataupun email. Karena rasa ingin tahu inilah yang membuat user mengklik link tersebut bahkan hingga mendownload sebuah virus kedalam PC/laptopnya.

Untuk mengatasi hal ini, sobat bisa ikuti sedikit langkah sederhana berikut ini :
  • Jangan mengklik/membuka link yang dikirimkan oleh orang yang tidak kita kenal, apa lagi link tersebut terkesan menarik perhatian.
  • Gunakan antivirus yang memiliki kemampuan Internet Security.
Inilah Cara Virus Komputer Menyebar yang dikarenakan faktor kelalaian kita sendiri dan harus kita koreksi agar terhindar dari serangan virus.





Share Posting Ini :


Berlanggan Artikel Via Email Dari Gho Blog's, GRATIS...! KLIK DISINI


0 komentar :

Poskan Komentar

Berhubung Makin Banyaknya Komentar Yang Tidak Mematuhi Peraturan, Maka Setiap Komentar Yang Masuk Akan Di Moderasi (Diterbitkan Atas Persetujuan) Oleh Admin Terlebih Dulu.

Aturan Berkomentar
1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Komentar Sesuai Topik Artikel
3. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
4. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
5. Komentar Menggunakan Akun Personal (mis. Akun Google), Bukan Akun Nama Produk Barang (Dianggap Promosi) dan Nama yang Mengarah ke URL Tertentu (Dianggap Spam).
6. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Tidak Diterbitkan Dan Akan Saya Hapus.

Spam = Delete...!!
Promosi = Spam = Delete...!!

Komentar Yang Sesuai Aturan akan Diterbitkan Selambat-Lambatnya Dalam 1x24 Jam.

-->Untuk Pertanyaan Yang Dirasa Penting (Urgent) Silakan Contact Saya Melalui Email Pada Link Berikut Ini : Contact Us


<-- Thank's -->

 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template