Home » , , , » Tips Sederhana Menghadapi Persaingan Bisnis

Tips Sederhana Menghadapi Persaingan Bisnis

Tips Sederhana Menghadapi Persaingan Bisnis
Tips Sederhana Menghadapi Persaingan Bisnis | Gho Blog's - Saya bukanlah seorang pebisnis, disini saya hanya ingin sedikit sharing dari pengalaman teman yang gagal dalam membangun usaha ditengah ketatnya persaingan usaha yang sama.

Saya hanyalah seorang sistem analis yang berkecimpung didunia pemrograman software. Dalam bidang saya ini, saya diharuskan mampu menganilisa kelemahan dari sebuah sistem guna mencari solusi dan merancang sistem baru agar berjalan secara maksimal dan lebih baik.

Pada posting ini saya akan mencoba menerapkan disiplin ilmu yang saya miliki pada kasus gagalnya sebuah bisnis. Saya akan mencoba menganalisa kelemahan dan memberikan sedikit solusi agar anda tidak mengalami hal yang sama seperti gagalnya bisnis teman saya.

Kronologi 
Seorang teman membuat sebuah usaha kecil-kecilan dengan modal sekitar 15 juta rupiah. Ia membuka sebuah tempat tongkrongan di tepi pantai kota yang menyajikan berbagai minuman hangat dan dingin untuk menemani pengunjung mulai dari sore hingga tengah malam.

Disekitar pantai kota tersebut sebenarnya sudah ada puluhan usaha yang sama. Namun saya menilai lokasi yang dijadikan tempat usaha tersebut terbilang cukup strategis. Tapi setelah berjalan beberapa bulan justru tidak ada peningkatan, yang terjadi adalah usaha tersebut pelan-pelan redup dan akhirnya gagal sehingga ia memutuskan untuk menjual usahanya kepada orang lain dengan harga 10 juta rupiah.

Analisa dan solusi 
Berdasarkan masalah diatas, saya mencoba untuk menganalisa dari beberapa macam kelemahan yang saya temukan pada masalah ini.


===> Analisa <===


1. Konsumen
Dalam analisa saya, hampir 90% pengunjung yang datang adalah anak muda yang berstatus pelajar dan mahasiswa.

2. Inovasi
Seperti yang kita ketahui pada kasus diatas, menghadapi persaingan usaha yang sejenis seperti ini, apalagi  bagi pendatang baru ditengah puluhan pesaing yang sama membutuhkan sebuah inovasi baru.

3. Pelayanan (Service)
Yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara melayani pelanggan sesuai target pada point 1 diatas.


=====> Solusi <====

Ide

Nahh, sekarang bagaimana caranya membuat sebuah solusi dari ke tiga point analisa diatas...?

Disini saya akan menjelaskan secara singkat, kita akan memadukan ke-3 point diatas menjadi sebuah solusi yang mudah-mudahan bisa menjadi sebuah inspirasi dan motivasi untuk anda.

Dalam menghadapi persaingan usaha seperti ini sangat dibutuhkan sebuah inovasi baru, kita bisa memulai dari segi menu terlebih dahulu, cobalah lakukan survei pada pesaing bisnis kita sehingga kita bisa mulai membangun hal yang berbeda dari segi menu. Pada kasus diatas, saya cenderung memfokuskan point 2 dan 3 terhadap konsumen. Pada dasarnya konsumen merupakan inti dari perkembangan usaha ini. 

Jika kita lihat status konsumen yang datang adalah kategori anak muda yang datang hanya sekedar buat nongkrong, sepertinya tidak akan cukup jika kita hanya menyajikan minuman saja. Karena keterbatasan skill dalam hal memasak,  kita bisa menambahkan menu-menu sederhana sebagai cemilan seperti kentang goreng, nuget ataupun sekedar roti bakar. Karena mereka yang datang, sebagian besar belum tentu ingin makan makanan yang terbilang mengenyangkan seperti nasi atau mie. Tapi jika anda mampu menyajikan menu mengenyangkan seperti ini akan lebih baik lagi.

Kemudian bagaimana cara anda memanjakan pelanggan...??

Menurut saya, buang istilah "Pembeli adalah raja" anggap pelanggan anda adalah teman dekat anda. Disini anda dituntut untuk mampu berbaur dan berusaha membangun interaksi sebaik mungkin. Yang saya pelajari dari pemilik lama tempat tersebut adalah, ia tidak segan untuk duduk bersama pelanggannya sembari ngobrol disela-sela waktu.

Selain itu, sewaktu-waktu berilah sesuatu secara gratis pada pelanggan setia anda. Misalnya ada pelanggan yang memesan nuget, beri juga kentang goreng atau pun roti bakar dan katakan pada pelanggan anda, kentang goreng atau roti bakar tersebut adalah bonus. Hal ini akan membangun hubungan yang baik antara anda dan pelanggan, tapi jangan terlalu sering anda melakukan hal ini, bisa-bisa anda yang rugi. Perhitungkan semuanya dan lihat situasi sebelum anda memberikan bonus kepada pelanggan.

Pada dasarnya siapapun akan senang dengan sesuatu yang bersifat gratis, apalagi pelanggan setia anda adalah pelajar dan mahasiswa yang selalu itung-itungan kalo ngeluarin uang.

Mungkin hanya itu saja sedikit tips dan solusi sederhana dari saya. Apapun bisnis anda, yang terpenting adalah ide dan fokus dalam mengerjakanya. Mulailah berfikir dan bangun ide-ide kreatif anda sendiri dan jangan setengah-setengah. Intinya anda tidak perlu berpikir terlalu jauh, mulailah dari hal-hal kecil dahulu karena sesuatu yang besar pasti berawal dari yang kecil.

Kunci Sukses

Selain itu saya sarankan kepada anda, disamping bisnis yang anda geluti mulailah berinvestasi secara ghaib. Karena dengan investasi semacam ini, usaha anda akan dipermudah oleh Allah dan akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. 

Apa itu investasi ghaib...??

Sekian dulu Tips Sederhana Menghadapi Persaingan Bisnis. Semoga bermanfaat....

Salam......





Share Posting Ini :


Berlanggan Artikel Via Email Dari Gho Blog's, GRATIS...! KLIK DISINI


0 komentar :

Posting Komentar

Berhubung Makin Banyaknya Komentar Yang Tidak Mematuhi Peraturan, Maka Setiap Komentar Yang Masuk Akan Di Moderasi (Diterbitkan Atas Persetujuan) Oleh Admin Terlebih Dulu.

Aturan Berkomentar
1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Komentar Sesuai Topik Artikel
3. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
4. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
5. Komentar Menggunakan Akun Personal (mis. Akun Google), Bukan Akun Nama Produk Barang (Dianggap Promosi) dan Nama yang Mengarah ke URL Tertentu (Dianggap Spam).
6. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Tidak Diterbitkan Dan Akan Saya Hapus.

Spam = Delete...!!
Promosi = Spam = Delete...!!

Komentar Yang Sesuai Aturan akan Diterbitkan Selambat-Lambatnya Dalam 1x24 Jam.

-->Untuk Pertanyaan Yang Dirasa Penting (Urgent) Silakan Contact Saya Melalui Email Pada Link Berikut Ini : Contact Us


<-- Thank's -->

 
Copyright © 2014. Gho - Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template